Home » , » 2017, PDAM Layani 80% Warga Prabumulih

2017, PDAM Layani 80% Warga Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 04/11/13 | 4.11.13

SINDUR, PP--Upaya pembenahan dan peningkatan mutu dan layanan air minum bersih, tampaknya, menjadi perhatian utama PDAM Tirta Prabu. Peningkatan infrastruktur seperti pembangunan water intake di beberapa titik di Kota Prabumulih, perbaikan dan peningkatan pipa distribusi, cakupan wilayah jangkauan, tarif dan pelayanaln terus menerus ditingkatkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala PDAM Prabumulih, Iskandar SE yang ditemui usai mengikuti rapat bersama Walikota Prabumulih, Senin (4/11) di Gedung Pemerintah Kota Prabumulih.

"Saat ini kita rencanakan  mengoperasikan Reservoir di Jalan Taman Murni, dengan menanam pipa distribusi air, hingga nantinya di tahun 2014, Wilayah Gunung Ibul dan Gunung Ibul Barat dan sekitarnya, sudah dapat dilayani oleh PDAM Prabumulih," terangnya membuka pembicaraan.

Penanaman pipa ini menjangkau Jalan Angkatan 45-Jalan Taman Murni-hingga ke Jalan Flores Prabumulih. "Pendanaan ini langsung dikerjakan Satker Kementrian PU Pusat. Ditargetkan akhir tahun ini, semua sudah bisa dipasang dan ditanam, hingga awal tahun sudah bisa melayani pelanggan di Gunung Ibul dan Gunung Ibul Barat sekitarnya, berjumlah 3.000 pelanggan baru," jelas Iskandar.

Sedangkan untuk Water Intake Payuputat, masih menunggu pendanaan dari APBD Prabumulih, dengan rencana pembangunan Instalasi air, adanya Reservoir, perpompaan dan jaringan pipa. "Nantinya, Water Intake Payuputat dapat melayani pelanggan di Kecamatan Prabumulih Barat dan Prabumulih Selatan, dengan target 12.000 pelanggan baru," lanjutnya.

Sementara di wilayah Rambang Kapak Tengah, juga sudah dibangun Water Intake, yang dibangun tahun 2013. "Di Kecamatan RKT, PDAM Prabumulih targetkan 14.000 pelanggan baru," kata Iskandar. Sedangkan untuk kesediaan air baku PDAM, selain mengandalkan air baku di wilayah Desa Tanjung Dalam Kabupaten PALI, air di wilayah Kelurahan Payuputat pun menjadi sarana ketersediaan air baku PDAM Prabumulih.

Iskandar pun optimis, pada tahun 2017 nanti, 80% jangkauan pelayanan PDAM Prabumulih sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Prabumulih.  "Insya Allah, tahun 2017 nanti, kita optimis mampu melayani 80% warga Prabumulih di Enam Kecamatan," harapnya.

Saat ini, pendapatan PDAM dari tarif pelanggan sudah cukup besar. "Pemasukan dari tarif pelanggan tahun 2012 saja mencapai Rp 700 juta. Hal ini menjadikan PDAM Prabumulih tergolong sehat dari segi keuangan, tapi memang, Pemerintah Kota lebih banyak menganggarkan  untuk investasi PDAM Sedangkan pemasukan dari  pelanggan sendiri, lebih banyak digunakan untuk operasional PDAM sehari-hari," kata Iskandar. Disinggung soal  layanan dan keluhan dari pelanggan, Iskandar mengatakan masalah layanan yang paling banyak dikeluhkan adalah distribusi air ke pelanggan dan keterlambatan pembayaran pelanggan. "Keluhan pelanggan paling dominan adalah pipa distribusi yang masih tergolong kecil dibanding dengan debit air yang disalurkan, selain itu juga ada kebiasaan pelanggan yang membayar per tiga bulan sekali," tukasnya. PDAM Prabumulih sendiri akan memutus langganan, jika menunggak pembayaran diatas tiga bulan. (bmg)







Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu