Home » , » Tuntutan Jaksa Dikabulkan, Terdakwa Pembunuh Pelajar Divonis 10 Tahun

Tuntutan Jaksa Dikabulkan, Terdakwa Pembunuh Pelajar Divonis 10 Tahun

Written By Posmetro Prabu on 31/10/13 | 31.10.13

SUDIRMAN, PP- Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IIB Prabumulih, yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Aline Oktavia Kurnia SH MKn hakim anggota Nugraha Medica Prakasa SH MH, Aris Fitra Wijaya SH, menjatuhi hukuman 10 tahun penjara bagi Juli Wijaya alias Bimo (17), warga Gg Mingun Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih.Juli alias Bimo dijatuhi hukuman 10 tahun penjara lantaran terlibat aksi pembunuhan terhadap Khairul Saputra (16), pelajar Kelas XI SMK Terpadu Prabumulih. Putusan yang dijatuhi majelis hakim tersebut, sama dengan tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang terdiri dari, Revi Apriliyani SH dan Harry Novian SH satu hari sebelumnya.

Majelis Hakim mengatakan, perbuatan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah sebagaimana diatur dalam Pasal 365 ayat 4. “Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Juli Wijaya alias Bimo dengan hukuman 10 tahun penjara serta memerintahkan terdakwa tetap ditahan,” ujar Ketua Majelis Hakim saat membacakan vonis terhadap terdakwa, bertempat di PN Prabumulih,kemarin (31/10).

Ditegaskan Aline Oktavia SH, majelis hakim menilai tak ada hal yang dapat meringankan terdakwa. Sementara hal yang memberatkan terdakwa yakni, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan menimbulkan luka yang mendalam bagi keluarga korban dan juga perbuatan terdakwa sangat keji dan sadis.
Usai membacakan vonis, majelis hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk menanggapi keputusan tersebut. “Saudara diberikan kesempatan untuk berpikir apakah menerima, piker-pikir atau menolak keputusan tersebut sekarang silahkan bicarakan dengan kuasa hokum saudara,” tutur majelis.

Setelah sempat mendapat penjelasan dari kuasa hukumnya, Juli Wijaya alias Bimo langsung menanggapi keputusan majelis hakim tersebut. “Saya terima keputusan bu hakim,” tuturnya dengan suara pelan dan nyaris tak terdengar oleh pengunjung yang menyaksikan jalannya persidangan tersebut.

Untuk diketahui, Juli Wijaya alias Bimo terpaksa menyandung status sebagai terdakwa dan kini menjadi terpidana setelah sebelumnya terlibat aksi tindak pidana bersama dua orang rekannya yang menjalani persidangan terpisah, yang berujung pada kematian korbannya Khairul Saputra.
Aksi pembunuhan yang dilakukan Bimo Cs ini tergolong sadis, dimana korban dipukul dengan menggunakan kayu potongan batang karet lalu kemudian ditusuk sebanyak 16 lobang hingga menghembuskan nafas terakhirnya (pp/ko)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu