Home » » Tiga Polisi Diperiksa Terkait Tewasnya Tahanan di Polsek Prabumulih Timur

Tiga Polisi Diperiksa Terkait Tewasnya Tahanan di Polsek Prabumulih Timur

Written By Posmetro Prabu on 26/10/13 | 26.10.13

PRABUMULIH, PP - Kapolres Prabumulih AKBP Denny Yono Putro SIk didampingi Kasat Reskrim AKP M Khalid Zulkarnaen SIk menyatakan bahwa 3 (tiga) orang personel polisi dari Polsek Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, telah diperiksa terkait satu tahanan bernama Lamdono Alias Alamsyah (28) yang tewas dipenjara Polsek Prabumulih Timur, Jum'at (25/10/2013).

"Sementara ini kami sudah melakukan pemeriksaan khususnya dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) secara internal, petugas yang berjaga pada waktu itu ada tiga orang dan sudah kita lakukan pemeriksaan di polres," ujar AKBP Denny Yono diruang kerjanya, Jum'at (25/10/2013).


Denny menilai ada unsur kelalaian yang dilakukan oleh petugas polisi yang berjaga saat tewasnya satu tahanan tersebut. Menurut dia, tidak mungkin tahanan dalam penjara bisa gantung diri jika tidak ada alat bantu untuk melakukan hal tersebut.


"Nanti kita lihat sampai sejauh mana unsur kelalaian dari petugas jaga maupun dari Kapolseknya sendiri. Sesuai dengan peraturan itu ada tahapan-tahapannya dan kita lakukan tindak kedisiplinannya juga, dan disitu jelas nantinya sampai sejauh mana ada kelalaian dalam melaksanakan tugas, ini masih tahap pemeriksaan," tukas Denny.


Dia mengatakan sejak awal telah menghimbau kepada seluruh jajaran Kapolsek yang ada di kota Prabumulih untuk menegakkan ketentuan-ketentuan yang ada dalam pengamanan tahanan.


"Sudah saya himbau ke seluruh Kapolsek di Prabumulih ini untuk ketentuan pengamanan ruang tahanan dan termasuk tahanan itu sendiri, bahwa didalam tahanan itu tidak boleh ada barang-barang yang tentunya akan membahayakan antara tahanan dan untuk selalu melihat dan mengecek kedalam ruang tahanan," jelasnya.


Seperti diketahui, Lamdono Alias Alamsyah (28) anak dari pasangan Sarmeli (45) dan Tursani (41), warga Jalan Arjuna II Rt02 Rw01 Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara, salah satu tahanan, ditemukan tewas gantung diri menggunakan kain sarung yang terikat dijeruji besi di kamar mandi tahanan Polsek Prabumulih Timur, Jum'at pagi (25/10/2013) pukul 05.30 wib.


Dari keterangan yang dihimpun, menyebutkan, Lamdono beberapa minggu lalu ditangkap dan dimasukkan sel tahanan Polsek Prabumulih Timur pada tanggal 29 September 2013 dengan daftar tahanan Nomor SPP 61/IX/2013, karena kasus pencurian di PT Askes (Persero) Kota Prabumulih.


Diduga ketika para tahanan lainnya masih tidur, Lamdono menuju ke kamar mandi. Di tempat itu, Lamdono gantung diri mengunakan kain sarung warna abu-abu kotak milik tersangka lainnya. Kejadian itu baru diketahui tahanan lain yang hendak ke kamar mandi.


Adanya tahanan yang gantung diri hingga tewas itu membuat geger suasana di Mapolsek Prabumulih Timur. Petugas pun kemudian  menurunkan Lamdono dari gantungan sekitar pukul 08.00 wib dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih untuk dilakukan otopsi. (dino)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu