Home » , » Pemkot Prabumulih Tak Bantu Korban Banjir.

Pemkot Prabumulih Tak Bantu Korban Banjir.

Written By Posmetro Prabu on 03/10/13 | 3.10.13

SINDUR, PP - Rupanya Pemerintah Kota Prabumulih rupanya tidak memberikan bantuan kepada  warga Kelurahan Tanjung Raman Kecamatan Prabumulih Selatan, Desa Karangan Kampung III Kecamatan Rambang Kapak Tengah dan Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan yang menjadi korban banjir, Minggu (30/9).

Pasalnya, Pemkot Prabumulih terganjal UU no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana alam. Di dalam aturan tersebut, bantuan sosial pemerintah kepada warga yang terkena bencana tidak bisa langsung diberikan. Bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi warga yang terkena bencana selama 3 hari berturut-turut.
"Bantuan baru bisa diberikan ketika warga tidak bisa melakukan aktivitas perekonomian selama 3 hari berturut-turut," ungkap Kepala Dinas Sosial kota Prabumulih, Haidir Wady S.Sos.

Haidir menjelaskan bencana banjir yang menimpa warga  Kelurahan Tanjung Raman Kecamatan Prabumulih Selatan, Desa Karangan Kampung III Kecamatan Rambang Kapak Tengah dan Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan tidak termasuk kategori bencana karena air yang menyerang pemukiman penduduk tidak sampai menganggu aktivitas masyarakat lebih dari 3 tiga hari.

"Kita memang tidak bisa mengucurkan anggaran untuk membantu warga karena terbentur aturan," ujarnya. Dari pantauan lapangan, warga memang tidak mengalami banjir lebih dari tiga hari, namun ada warga yang memiliki kolam ikan, tentu merasa dirugikan dengan adanya banjir ini. Karena hampir 40 tahun, daerah RKT dan sekitarya tak pernah mengalami banjir seperti ini.

Bantuan dari pemerintah kepada warga sebenarnya bisa saja diberikan namun tidak berasal dari anggaran bansos. "Bantuan itu bisa diberikan pemerintah melalui kebijakan kepala daerah. Dalam artian sumbangan pribadi dari Walikota serta jajaran," pungkasnya. Namun, semestinya walau terganjal aturan, bantuan kemanusiaan terhadap kejadian banjir ini, harus diberikan. Kalau mengandalkan aturan semata, mungkin  tak ada orang mau terkena musibah. (pp/02/ks)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu