Home » , » Normalisasi Sungai Kelekar Upaya Pencegahan Luapan Air Dari Bencana Banjir

Normalisasi Sungai Kelekar Upaya Pencegahan Luapan Air Dari Bencana Banjir

Written By Posmetro Prabu on 03/10/13 | 3.10.13

PRABUMULIH, PP - Beberapa anak sungai yang berada di wilayah Kota Prabumulih setidaknya hanya memiliki daya tampung yang sedikit dari volume guyuran air ketika musim penghujan. Dengan kondisinya yang sempit dan kecil ditambah dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi setiap tahunnya serta pertumbuhan ekonomi dan maraknya pembangunan  perumahan maka, dapat dipastikan jika hujan mengguyur kota Prabumulih, air akan meluap dan menggenangi beberapa kawasan di sekitar aliran sungai. Apalagi pada saat curah hujan tinggi seperti yang terjadi beberapa hari terakhir. Ratusan Kepala Keluarga menjadi korban banjir di beberapa daerah di Prabumulih.

Mengecilnya kapasitas sungai dikarenakan terjadinya pendangkalan dan penyempitan badan sungai, baik karena faktor alam maupun ulah manusia. Salah satu yang sering menjadi penyebab, misalnya adalah menjamurnya rumah di bantaran sungai. Agar air tak meluap, normalisasi sungai menjadi salah satu solusi di antara solusi-solusi yang ada seperti drainase mikro, dan pembangunan sumur resapan, demikian disampaikan Pengamat pembangunan di kota Prabumulih menanggapi pemberitaan media ini berjudul, Proyek Normalisasi Kelekar, Antara Mudharat dan Manfaat.

Menurut pria yang mengaku pernah menjadi pengajar disalah satu universitas perguruan tinggi swasta di Sumsel ini bahwa, di Kota Prabumulih ada beberapa daerah aliran sungai (DAS) yang harus diperlebar dan diperdalam. Sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Kelekar Gunung Ibul dan Sungai Kelekar di Kelurahan Sindur. Karena pada initinya, proyek normalisasi sungai adalah suatu metode yang digunakan untuk menyediakan alur sungai dengan kapasitas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi. Tujuan normalisasi sungai antara lain untuk keperluan navigasi, melindungi tebing sungai karena erosi (kikisan), atau untuk memperluas profil sungai guna menampung air hujan dari kemungkinan banjir, ujarnya.

Dikatakan, Selain Kota Prabumulih atau indonesia pada umumnya, beberapa Negara telah melakukan proyek normalisasi sungai untuk menjaga agar tidak terjadi banjir di negaranya. Untuk melindungi kota dari banjir, pemerintah rela merogoh kocek yang dalam guna melakukan pembangunan tanggul sungai. Sistem ini dinilai mampu melindungi kota dari bencana banjir.

Walau demikian lanjut sumber, Sungai Kelekar masih tetap menjadi ancaman bagi warga Kota Prabumulih pada tahun-tahun mendatang saat musim penghujan datang. Untuk itu, sistem normalisasi sungai harus terus digalakan oleh Pemerintah. Sistem normalisasi sungai yang diaplikasikan pada Sungai Kelekar mencakup perluasan saluran pengendali banjir. Dengan cara ini debit air pada alur sungai utama dapat ditekan, paparnya.

Menyoal kos anggaran yang digelontorkan oleh Pemerintah yang cukup besar namun tidak sebanding dengan hasil dan manfaat yang didapat masyarakat, Sumber mengungungkapkan bahwa untuk membuat suatu perencanaan pembangunan pada perinsipnya memerlukan biaya yang cukup besar. " Untuk merancang sesuatu itu perlu modal yang cukup belum lagi survey dan pengukuran panjang aliran sungai yang harus di Normalisasi. Menurut saya, Anggaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk proyek Normalisasi Sungai Kelekar di Prabumulih masih dalam tahap yang wajar" ujarnya.

Ditambahkannya, Pemerintah juga tentu bukan asal dalam perencanaan pembangunan. Saya yakin Pemerintah sudah siap dengan segala konsekwensi yang harus ditempuh dalam pelaksanaan proyek yang di danai oleh APBD Khususnya proyek Normalisasi Sungai Kelekar. Tinggal lagi bagaimana cara perawatan agar kedepan proyek tersebut tetap terjaga dan kualitas air sungai dapat terjaga dengan baik, tandasnya. (pp/01)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu