Home » , » Nanas Menjadi Ikon Prabumulih

Nanas Menjadi Ikon Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 01/10/13 | 1.10.13


PRABUMULIH, PP – Melihat animo masyarakat luar terhadap nanas Prabumulih, yang terkenal gurih dan manis, maka Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Prabumulih akan membuat  demplot nanas yang akan ditanam dilahan milik Pemkot Prabumulih seluas 3 hektar. “Kita akan jadikan kebun percontohan Nanas, yang lahannya seluas 3 hektar, lokasinya disebelah Pemkot Prabumulih,” jelas Drs Syamsurizal SP MSi, usai melakukan pertemuan dengan Komisi II DPRD Prabumulih di Gedung DPRD Prabumulih, Selasa (1/10).
 Ia menginginkan agar kualitas dan mutu tanam Nanas lokal ini dapat dikembangbiakan, bahkan kalau perlu akan dibuatkan pabrik mini, untuk mengolah nanas ini. “Kita masukkan dalam anggaran APBD Prabumulih 2014, jenis varietas queen atau local,”tambahnya.
Jika kebun demplot percontohan ini berhasil, maka akan kita buat percontohan lainnya di Kecamatan yang ada di Prabumulih. “Pengembangan ini bersifat monokultur,” ungkap Syamsurizal.
Ditanya masalah pemasaran Nanas yang dihasilkan nanti, pria yang sebelumnya menjabat Kabid Perkebunan dan Kehutanan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Prabumulih ini menyatakan fihaknya sangat serius mempersiapkan kebun nanas percontohan ini. “DPPK Prabumulih ini akan serius mempersiapkan demplot nanas ini. Dahulu pernah dihadirkan pihak pengelola nanas (di Sungai Medang) dengan pihak petani nanas. Pihak mitra atau pabrikan ini minta ketersediaan nanas secara berkesinambungan, yang belum bisa dipenuh petani nanas. Akibatnya pengelolaan nanas secara serius menjadi terhenti, maka dari itu kita serius persiapkan demplot nanas ini,” urai Syamsurizal.

Pihak DPPK Prabumulih  mengharapkan setidaknya lahan yang dibutuhkan untuk menanam nanas ini seluas 40 hektar. “ Kita bisa bangun pabrik mini, untuk mengelola nanas ini, apabila nanas segar tak semuanya bisa dijual langsung di pasaran,” kata Syamsurizal. Komisi II DPRD Prabumulih pun mendukung penuh langkah-langkah menjadikan nanas menjadi Ikon Kota Prabumulih.

Kemudian,menanggapi permintaan warga Payuputat yang minta agar mendapat bantuan “mengandangkan” sapi-sapi liar yang berkeliaran disekitar Payuputat, fihak DPPK Prabumulih direncanakan akan membantu pembuatan kandang sapi tersebut. “Kita akan bantu pembuatan kandang secara berkelompok dan tidak membantu pakan ternaknya,” jelasnya. Pihak Komisi II DPRD menyetujui dana anggaran pembuatan kandang sapi ini sebesar Rp 150 juta. Permohonan proposal bantuan pembuatan kandang sapi dari warga Payuputat pun baru satu kelompok yang masuk ke DKPP dan sesuai saran yang disampaikan Komisi II DPRD Prabumulih, supaya anggaran bantuan tak seluruhnya diberikan,t  dilihat tingkat kebutuhannya dan bersifat stimulan, agar ada rasa tanggungjawab dan memiliki dari warga. “Selebihnya,  dana yang ada dapat dimanfaatkan kepada kelompok peternak sapi lainnya di Prabumulih dan bukan hanya di Payuputat,” pungkas Syamsurizal. (bmg)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu