Home » , » Masyarakat Desak Gelumbang Segera Dimekarkan

Masyarakat Desak Gelumbang Segera Dimekarkan

Written By Posmetro Prabu on 02/10/13 | 2.10.13

PRABUMULIH, PP - Masyarakat enam kecamatan daerah pemilihan (dapil) 3 diwilayah Kabupaten Muaraenim yakni Gelumbang, Lembak, Sungai Rotan, Muara Belida, Kelekar, dan Belido Darat mendesak pemerintah pusat dan daerah untuk dimekarkanmenjadi kabupaten.

Mereka beralasan berdasarkan jumlah desa dan penduduk, sumber pendapatan asli daerah (PAD), luas wilayah, dan peta wilayah sudah memenuhi syarat. Hal ini diungkapkan Ketua Presedium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) H Rani Kodim, Rabu (2/9).

Menurut dia, dapil 3 kabupaten Muaraenim sudah layak dijadikan kabaputen baru. "Proposal untuk pemekaran Gelumbang untuk dijadikan kabupaten sudah kita ajukan dengan anggota dewan Muaraenim pada April 2013 lalu," ujar Rani.

Ia juga beralasan, saat ini wilayah Gelumbang akses untuk melakukan urusan ke pemerintah kabupaten Muaraenim sangat jauh sekali. "Anda tau sendiri daerah Gelumbang sekarang ini sudah jalurnya terputus oleh Prabumulih dan PALI. Jadi segala urusan susah sekali dan memakan waktu lama untuk ke Muaraenim," pungkasnya.

Bahkan, ia menilai anggota DPRD Muara Enim dan Bupati Muara Enim lamban dalam hal ini. "Kita mendesak dewan untuk memuluskan aspirasi rakyat dapil 3  dan  segera  terealisasi kabupaten Gelumbang. Kalau perlu dalam kurun waktu dua tahun atau tahun 2015 Gelumbang  segera terealisasi jadi kabupaten," tegas Rani yang pernah jadi Ketua Timses pemenangan gubernur Alex Noerdin untuk wilayah Gelumbang ini.

Lebih lanjut, dikatakan Rani, sebenarnya masalah tapal batas antara Kabupaten Muara Enim dan kabupaten  Ogan Ilir (OI) yang masih sengketa hendaknya jangan terlalu dipersoalkan. "Ya semua itu bisa dimusyawarahkan. Dan optimis dapat diselesaikan, apa lagi Gubernur Sumsel sudah memberikan lampu hijau (menyetujui, red) pemekaran," imbuh Rani sambil mengatakan dalam waktu dekat akan beraudensi dengan Gubernur Sumsel.

Sementara Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Ferdinan mengatakan, usulan dan proposal pemekaran kabupaten Gelumbang sudah direkomendasi dan disetujui dewan. "Bulan Oktober akan dilakukan uji kelayakan oleh tim akademisi dari Unsri. Dan dananya di anggarkan melalui dana ABD Tambahan Muara Enim sebesar Rp 350 juta," ujarnya.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat Gelumbang untuk dapat bersabar dalam hal ini. "Intinya kita dukung Gelumbang jadi kabupaten," tegasnya.(dino)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu