Home » , » Kejari Prabumulih Rajin Cari "Pemasukan"

Kejari Prabumulih Rajin Cari "Pemasukan"

Written By Posmetro Prabu on 07/10/13 | 7.10.13

PRABUMULIH, PP - Beberapa hari terakhir suasana Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih tampak ramai didatangi tamu. Mulai dari pejabat Daerah hingga rekanan Kontraktor. Mobil berpelat merah maupun mobil pribadi tampak jelas terparkir di halaman kantor lembaga penegakan hukum tersebut. Tak lama kemudian mobil-mobil tersebutpun menghilang satu demi satu. Tak diketahui pasti kedatangan para tamu tersebut. Apakah dalam pemenuhan panggilan untuk pemeriksaan atau sekedar silaturahmi

Sumber posmetroprabu.com yang meminta namanya tidak dipublikasikan menyebutkan bahwa sudah ada beberapa pejabat yang dipanggil oleh Kejari Prabumulih. Pemanggilan tersebut sepengetahuannya berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pembangunan lanjutan gedung kantor Walikota yang berdampingan dengan kantor DPRD Kota Prabumulih. Selain Pejabat lanjut sumber, pihak rekanan kontraktor juga sering terlihat mendatangi kantor Kejari Prabumulih.

Selain dugaan kasus korupsi pada proyek gedung kantor Walikota, sumber juga mengatakan bahwa Kejari Prabumulih diinformasikan sedang membidik dugaan kasus perjalanan dinas fiktif di sejumlah dinas di lingkungan Pemkot Prabumulih. Bidikan kasus tersebut berdasarkan pengaduan dari beberapa kelompok masyarakat termasuk aktivis anti korupsi di bumi seinggok sepemunyian.

Bahkan informasi yang beredar Kejari telah melayangkan surat pemanggilan terhadap pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan mengenai kasus dugaan perjalanan dinas fiktif yang dilakukan sejumlah kepala SKPD di Kota Prabumulih.

Informasi yang dapat dihimpun seputar adanya dugaan penyimpangan anggaran pada proyek Kantor Walikota yang bersebelahan dengan Gedung DPRD Kota Prabumulih, Kepala Kejaksaaan Negeri (Kajari) Kota Prabumulih Mahmudi SH MH yang di konfirmasi wartawan melalui Kasi Intel SH. Ritonga SH beberapa waktu lalu membenarkan bahwa Penyidik dari Kejari sudah memanggil dan memeriksa beberapa saksi.

“Ya kita sudah memeriksa beberapa saksi, terkait pekerjaan lanjutan pembangunan kantor Walikota lama yang berada di samping kantor DPRD Prabumulih,” ungkap Kasi Intel Kejari Prabumulih, Ritonga SH.

Pada proyek tersebut pihaknya mencurigai ada penyimpangan dalam pekerjaan lanjutan pembangunan gedung kantor Walikota Prabumulih yang pekerjaannya sempat dihentikan pada tahun 2010 lalu. Namun ia katakan, dalam penyelidikan kasus tersebut, Kejari hanya memfokuskan pada pekerjaan lanjutan tahap II (dua) anggaran APBD tahun 2011.

Selebihnya Ritonga enggan menyebut lebih dalam tahapan penyelidikan dugaan penyimpangan pada pekerjaan tahap II itu. “Nantilah, nanti kita kasih tahu. Kalau sekarang masih sebatas memeriksa para saksi saja dulu,” tandasnya seraya menggalihkan pembicaraan pada topik lain.

Sementara, pada kasus lain yakni dugaan kasus perjalanan dinas fiktif pejabat pemkot prabumulih yang dikabarkan telah memasuki babak baru pemeriksaan, dibantah langsung oleh Kasi Pidsus Kejari Prabumulih. Menurutnya, pihaknya masih fokus dan konsentrasi pada kasus korupsi bibit ikan unggul di Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Prabumulih.

“Saat ini kita masih konsentrasi menangani kasus dugaan korupsi bibit ikan unggul yang saat ini masih menjalani tahap persidangan, belum ada kegiatan lain,”tegas Kepala seksi pidana khusus (Kasi Pidsus) R Andra Kurniawan SH.

Menurut Andra Kasus dugaan perjalanan dinas fiktif tidak pernah diproses di Pidsus. Namun ia juga tidak menutup kemungkinan kasus tersebut bisa saja di proses di bagian yang lain di lingkungan kejaksaan negeri Prabumulih.

"Di bagian Pidsus tidak, tetapi di bagian lain Kejari Prabumulih saya tidak mengetahui"ujarnya.

Tidak adanya ketegasan dan penjelasan dari dua kasus tersebut diatas membuat kalangan masyarakat Prabumulih menerka-nerka. Ada apa dengan Kejari?. Terlebih pihak kejaksaan belum lama ini mengeluarkan statment bahwa akan ada pejabat setingkat Kepala Dinas dilingkungan pemerintah kota Prabumulih yang akan dijebloskan ke penjara dalam waktu dekat.

Selain itu warga dan penggiat anti korupsi di Prabumulih berharap pemanggilan dan kedatangan pejabat maupun rekanan kontraktor ke kantor Kejaksaan Negeri Prabumulih adalah untuk kepentingan pemasukan data atau pemasukan informasi demi penegakan hukum dan bukan pemasukan lain yang bertentangan dengan semangat pemberantasan korupsi di Negeri ini. (pp/red)


Kasus pembangunan lanjutan gedung kantor Walikota yang berada berdampingan dengan kantor DPRD Kota Prabumulih - See more at: http://www.beritanda.com/nasional/hukum/16036-kejari-prabumulih-selidiki-kasus-pembangunan-kantor-walikota.html#sthash.RFKHNn5c.dpuf
Kasus pembangunan lanjutan gedung kantor Walikota yang berada berdampingan dengan kantor DPRD Kota Prabumulih - See more at: http://www.beritanda.com/nasional/hukum/16036-kejari-prabumulih-selidiki-kasus-pembangunan-kantor-walikota.html#sthash.RFKHNn5c.dpuf
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu