Home » » Hati-hati Peredaran Uang Palsu

Hati-hati Peredaran Uang Palsu

Written By Posmetro Prabu on 21/10/13 | 21.10.13

PRABUMULIH, PP--Direktur Kebijakan Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Eko Yulianto menyatakan untuk berhati-hati terhadap peredaran uang palsu, terutama di Prabumulih. Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan hingga bulan Agustus 2013, rasio uang palsu sekitar delapan lembar disetiap satu juta lembar uang asli. Padahal BI rata-rata mencetak sekitar 7 Milyar lembar uang per tahunya. Berarti sekitar 56 ribu lembar uang palsu beredar ditengah-tengah masyarakat.

Kebanyakan uang yang dipalsukan adalah pecaran Rp 50 ribu dan pecahan Rp 100 ribu.Hal ini wajar, mengingat nilai besaran uang pecahan tersebut.

"Saya minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran uang palsu ini," jelas Eko Yulianto beberapa waktu lalu.

Teknik dan cara pun beragam dilakukan oleh para pemalsu uang ini, agar uang yang dibuatnya mendekati keasliannya. Kepedulian dari masyarakat sangat diperlukan, apabila mendapatkan temuan uang palsu, dan diserahkan kepada petugas, untuk dapat segera di deteksi. "Hal ini untuk mempermudah kami sebagai pengelola, agar dapat menangkal semua cara pemalsuan uang ini," lanjut Eko.

Ia menambahkan, kebutuhan masyarakat akan uang sangat berfluktuatif setiap tahun. "Ini tergantung kegiatan perekonomian masyarakat pada periode tertentu," kata Eko. BI sendiri telah mencetak uang dengan nilai lebih dari Rp 420 Trilyun.

Sedangkan metode pendeteksian uang dengan cara 3D, dinilai masih cukup ampuh. Yaitu Dilihat, Diraba dan Diterawang. (bmg/ek)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu