Home » , , » Bank Sumsel Babel Incar Sekolah dan Bentuk Bank Mini

Bank Sumsel Babel Incar Sekolah dan Bentuk Bank Mini

Written By Posmetro Prabu on 01/10/13 | 1.10.13

PRABUMULIH, PP--Bank SumselBabel Cabang Prabumulih, mengambil langkah terobosan dengan membidik kalangan pelajar untuk menjadi nasabahnya. hal ini bertujuan supaya para pelajar giat dalam menabung uang sakunya dan hidup hemat.

Program Bank SumselBabel Cabang Prabumulih ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Prabumulih. Dalam terobosan itu, sebuah bank mini di SMP Negeri 6 Prabumulih yang berada dikawasan Kecamatan Cambai Kota Prabumulih dibangun sebagai percontohan.

Menurut Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih, Adi Mantra SE mengatakan, bank mini tersebut tidak berorientasi pada keuntungan tetapi hanya untuk pendidikan perbankan atau dengan kata lain bank mini ini hanya melayani setoran untuk tabungan saja.

Masih kata Adi, bank mini di SMP Negeri 6 ini melibatkan para pelajar didalam pengoperasionalannya. "Tentunya sebelum itu dilakukan, para siswa yang ditunjuk telah lebih dahulu dilatih oleh Bank Sumsel Babel. Sekolah hanya menyediakan tempat dan tenaga, para siswa yang akan mengoperasikan bank ini setelah kita latih terlebih dahulu,” ungkapnya, Selasa (1/10) kepada awak media.

Untuk desain bank mini ini, lanjut Adi, pada dasarnya dibuat layaknya bank umum lainnya. Ada meja pelanggan, teller, dan meja transaksi lainnya. Semua kegiatan keuangan ini pengelolaannya sepenuhnya dipercayakan kepada siswa. Dimana guru bertindak sebagai pembimbing.

"Untuk modal tabungan berasal dari semua pihak yang berminat. Intinya bank mini ini dibentuk untuk mengkampanyekan gemar menabung sejak dini di tingkatan pelajar sekolah,” katanya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 6 kota Prabumulih, Pedro Santoso SPd menjelaskan pihaknya menyambut dengan antusias berdirinya Bank Mini. Sebab selama ini yang selalu ada adalah laboratorium IPA. Tapi sekarang ada laboratorium IPS (perbankan).

“Pihaknya akan  sarankan setiap hari siswa wajib menabung dari uang jajannya. Selebihnya untuk pembelajaran. Bagaimana bank mencari laba sehingga bisa besar, siswa harus tahu secara konkret,” pungkasnya.  (pp/02/nd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu