Home » , » Untuk Lulus CPNS Dibanderol Rp.150 Juta

Untuk Lulus CPNS Dibanderol Rp.150 Juta

Written By Posmetro Prabu on 11/09/13 | 11.9.13

BATURAJA, PP - Rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) OKU, tampaknya tak membuat masyarakat setempat, senang. Pasalnya, ada isu berembus calon peserta harus menyiapkan uang Rp150 juta sampai Rp175 juta agar bisa lulus seleksi CPNS.

Ketua LSM Hamphibi, Dewantara Jaya SP mengatakan, hal itu bukan rahasia umum lagi sudah terjadi dari tahun ke tahun.

Meski memang sulit dibuktikan, namun oknum pelaku yang mengaku bisa meluluskan peserta menjadi CPNS, biasanya kepala dinas dan orang dekat atau tangan kanan bupati.

"Memang sulit dibuktikan. Namun kita sudah banyak menerima laporan. Ada peserta melapor sudah membayar uang diatas Rp100 juta agar bisa lulus CPNS, ternyata tidak lulus. Bahkan uang tak dikembalikan utuh seperti awal. Tarif ratusan juta itu tergantung jenjang pendidikan," ujar Dewantara enggan menyebut nama oknum pelaku tersebut.

Dia menceritakan, itu baru contoh yang tidak lulus. Bahkan ada yang sudah lulus CPNS. "Cuma itu tadi, sulit untuk dibuktikan. Sebab yang sudah lulus CPNS diam dan yang buka mulut hanya orang yang tak lulus," ujar dia.

Pihaknya akan memantau proses seleksi penerimaan CPNS di OKU. Jika terbukti, pihaknya langsung mengambil tindakan dan melaporkan kepada pihak berwajib.

Hal ini dilakukan dengan harapan, tak ada praktek suap menyuap untuk meluluskan seleksi CPNS.
Sementara Tamrin, calon peserta CPNS mengaku resah dan pesimis bisa lulus. Pasalnya, bukan menjadi rahasia umum, untuk menjadi CPNS harus menyiapkan sejumlah uang hingga ratusan juta rupiah.
      

Ia memang sangat berharap menjadi PNS. Sebab kehidupan abdi negara itu, lebih terjamin dibanding pekerjaan lain. (pp/net)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu