Home » , » Tiga Pencuri Minyak PT Pertamina Ditangkap Ditpolair Polda Sumsel

Tiga Pencuri Minyak PT Pertamina Ditangkap Ditpolair Polda Sumsel

Written By Posmetro Prabu on 26/09/13 | 26.9.13

PALEMBANG, PP - Tiga pelaku yang diduga mencuri minyak dengan cara membolongi pipa minyak milik PT Pertamina di Sungai Kundur Mariyana, Banyuasin bulan puasa lalu diringkus Ditpolair Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketiga pelaku itu yakni Ahmad Azhari alias Ogok (29), warga Jalan Mayor Zen Lorong Badai, Kelurahan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang. Lalu Umar Syarif (37) warga jalan Kayu Manis Barat, RT 04, RW 01, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Terakhir Edi Ardian (35) warga Jalan Mayor Zen, Lorong H Zaini, RT 24, Kelurahan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang. Ketiganya ditangkap ditempat berbeda, Rabu (25/9) malam.


Bahkan, dari keterangan ketiga tersangka, kalau pencurian minyak tersebut diduga dibekingi oleh dua oknum TNI AL yakni Lettu Ir dan Praka Jk yang membekingi serta penyandang dana untuk melakukan pencurian.


Mirisnya lagi, oknum pegawai honorer atau pekarya PT Pertamina, Us juga terlibat dalam pencurian minyak milik PT Pertamina yang bertugas sebagai melubangi pipa pertamina. 


Tersangka Edi mengakui perbuatannya yang telah mencuri minyak PT Pertamina. “ Memang benar kami sudah melakukan perbuatan itu. Ya, yang pernah kami curi minyaknya yaitu Prabumulih, Mariana, Palembang dan Banyuasin,” jelasnya.

Dalam melakukan tindak kejahatan itu, dirinya dibantu lima orang.

“Us, pegawai honorer PT Pertamina bertugas melubangi pipa. Karena dia tau cara melibangi pipa milik PT Pertamina,” pungkas Edi.


Ia mengaku, dirinya hanya bertugas untuk mengantar saja. Serta dijanjikan sejumlah uang oleh Ogok jika berhasil menjual minyak mentah. “Aku ini cuma disuruh Ogok bae,” katanya.


Sementara tersangka Ogok mengaku kalau pencurian itu dibekingi dan didanai oleh dua oknum TNI AL yang bertugas di Lanal Palembang. “Ya, kalau Lettu Ir dan Praka Jk itu memberikan kami uang Rp2 juta untuk membeli alat- alat pengebor minyak dan sewa ketek yang digunakan untuk mencuri minyak milik PT Pertamina. Hasil penjualan itu dibagi rata,” ujar Ogok sambil mengatakan dalam beraksi dirinya dibantu dua temannya beraksi di Sungai Kundur.


Direktur PolAir Polda Sumsel, Kombes Pol Omad, melalui Kasubdit Gakkum Polair Polda Sumsel, AKBP Deni Hariyadi membenarkan telah menangkap tiga pelaku pencuri minyak milik PT Pertamina. “Ya, penangkapan ketiga pelaku itu berdasarkan informasi dari masyarakat,” imbuhnya.


Menurut dia, berdasarkan pengakuan para tersangka, kalau dua oknum TNI AL Lettu Ir dan Praka Jk  adalah sebagai penyandang dana untuk kegiatan tersebut.


”Kita sudah koordinasikan dengan POM AL, kita juga sudah melakukan panggilan terhadap keduanya sebagai saksi, dan berkasnya akan kita  limpahkan ke POM AL. Sedangkan untuk keterlibatan oknum honorer PT Pertamina akan kita panggil juga,” tukasnya.


Ia menegaskan, ketiga pelaku akan dijerat pasal 363 KUHP. “Barang bukti juga sudah kita amankan. Kasus ini akan kita dalami,” imbuhnya. (dn)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu