Home » » Terkait Kasus Bansos, Pemkot Prabumulih Batasi Proposal LSM

Terkait Kasus Bansos, Pemkot Prabumulih Batasi Proposal LSM

Written By Posmetro Prabu on 08/09/13 | 8.9.13

PRABUMULIH, PP - Terkuaknya kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih, salah satunya beberapa proposal diduga fiktif yang diajukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Akhirnya, Pemkot Prabumulih ambil kebijakan membatasi proposal dana hibah atau bantuan sosial dari sejumlah LSM.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Drs Ujang Sukarman AK MM, mengatakan untuk LSM hendaknya secara cepat mengajukan proposal sebelum akhir Oktober mendatang. Sebab, pihaknya telah membatasi pengajuan proposal tersebut.


Pembatasan proposal itu, kata Ujang, perlu dilakukan karena pihaknya membutuhkan waktu memverifikasi proposal yang diajukan, kepada instansi yang berwenang. Dia mencontohkan misalkan proposal pembangunan masjid, harus diverifikasi juga oleh Bagian Kesra.


"Proposal kita batasi hingga awal Oktober. Selain itu semua proposal akan diverifikasi terkait penggunaannya. Kita tidak ingin terjadinya penyimpangan terkait dana yang dicairkan nantinya. Sebab, berkaca dari tahun sebelumnya kita ada masalah temuan terkait proposal," katanya, Minggu (8/9).


Ujang menambahkan, pada November mendatang pihaknya sudah menghadapi audit keuangan dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) melalui BPKP yang rutin dilakukan menjelang akhir penggunaan APBD.


"Menjelang audit BPK melalui BPKP, kita berkonsentrasi mempersiapkan segala sesuatunya. Untuk penerima bantuan hibah hendaknya dana yang dicairkan, memang diperuntukan bagi kepentingan yang diajukan di proposal. Jangan sampai tidak dikerjakan dan hanya mengambil dananya saja. Semua ini ada pertanggung jawabannya," tegas Ujang seraya menjelaskan bagi penerima dana hibah tak bisa mengajukan proposal secara rutin ataupun berturut-turut.


Untuk para LSM, sambung Ujang,  bantuan hibah dan sosial tahun ini pihaknya memang menganggarkan pos dana hibah dan bansos secara rutin pertahunnya melalui APBD Pemkot Prabumulih.


"Memang ada pos anggarannya setiap tahunnya, yang dianggarkan melalui APBD. Kita tidak ingin ada masalah terkait penyalurannya. Sebab kalau ada penyimpangan tanggung sendiri," tandasnya. (dino)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu