Home » » SMK Budi Utomo Terancam Tutup

SMK Budi Utomo Terancam Tutup

Written By Posmetro Prabu on 06/09/13 | 6.9.13

Ilustrasi
PRABUMULIH, PP - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di kota Prabumulih Budi Utomo terancam ditutup. Pasalnya, sejak dua tahun terakhir sekolah tersebut tak berhasil merekrut siswa baru atau lebih jelasnya sepi dari peminat.

SMK Budi Utomo yang diketahui masih satu komplek dengan SMA Budi utomo ini, terlihat jelas sepi siswanya. Hal itu dikarenakan, sekolah tersebut kalah bersaing dengan sekolah-sekolah SMK swasta lainnya di Prabumulih.


Menurut salah satu guru yang tak mau namanya disebutkan menjelaskan, bahwa saat ini siswa SMK Budi Utomo tinggal kelas XII saja yang masih dalam proses magang. Sedangkan untuk kelas X dan XI tidak ada siswa baru.


"Ya tinggal kelas XII saja siswanya. Sudah dua tahun ini sepi peminat, padahal sudah dipromosikan tapi masih sepi juga. Mungkin kalah bersaing sama SMK lainnya yang ada di Prabumulih," katanya, Jumat (6/9).


Sementara itu, Hasbullah (36) warga sekitar mengatakan, sekolah SMK Budi Utomo yang terletak di jalan Prof M Yamin Kelurahan Pasar Kecamatan Prabumulih Utara ini, memang tidak ada lagi siswanya. Berbeda dengan SMA Budi Utomo siswanya masih banyak.


"Setau aku la sepi. Para pelajar lebih favorit masuk ke SMK swasta lainnya. Kondisinya ini sudah lama terjadi, entah apa penyebabnya sehingga sepi peminat," ungkap Hasbullah, tukang ojek yang sering mangkal di sekitar sekolah tersebut.


Sedangkan Kepala Sekolah SMK Budi Utomo, Sri Juniarti AMd ketika dikonfirmasi tidak ada ditempat, dan wartawan mencoba menghubunginya via handpone juga ternyata tidak aktif.


Terpisah, Kepala Diknas Kota Prabumulih, HM Rasyid SAg MM, ketika dimintai tanggapan perihal tersebut menerangkan pihaknya memang belum sempat memantau kondisi SMK Budi Utomo secara langsung kelapangan. Namun, kata Rasyid, izin operasinal SMK yang hanya mengelola jurusan akuntansi tersebut masih terus diperpanjang.


"Kita telah lama mendengar kabar tersebut, tapi pihaknya belum mengecek langsung kelapangan. Untuk SMK Budi Utomo surat izin operasinalnya masih terus diperpanjang setiap tahunnya," ujarnya.


Rasyid juga menambahkan, kalau memang benar itu terjadi pihaknya akan mencarikan solusi yang terbaik jangan sampai sekolah tersebut tutup, lantaran sepi peminat.


"Kita akan carikan solusi yang terbaik bagi sekolah tersebut. Sayang kan kalau sampai tutup," pungkasnya. (dino)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu