Home » » Puluhan Lansia Terlantar Harapkan ASLUT Segera Cair

Puluhan Lansia Terlantar Harapkan ASLUT Segera Cair

Written By Posmetro Prabu on 07/09/13 | 7.9.13

PRABUMULIH, PP - Sejumlah warga lanjut usia (lansia) di Kota Prabumulih berharap segera menerima bantuan dana program Asistensi Sosial Lanjut Usia Telantar (Aslut) dari Kementerian Sosial sebesar Rp200 ribu per orang per bulan.

"Sejauh ini, pencairan dana bantuan untuk para lansia itu masih menunggu informasi dari Dinas Sosial (Dinsos) Pusat," kata Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih Haidir Wady melalui petugas pendamping Dinsos Prabumulih Edy Toenoet, Sabtu (7/9).

Ia mengatakan, dana Aslut biasanya dicairkan tiga bulan sekali dalam satu tahun dengan masing-masing satu kali pencairan, dihitung untuk waktu empat bulan sekali.

"Dana Aslut yang sudah diterima para lansia di Prabumulih baru bulan Januari sampai April saja, nah sedangkan bulan Mei hingga Agustus sampai kini pun belum juga diterima.

Warga lansia yang berhak menerima bantuan program Aslut yang dananya bersumber dari APBN itu, disesuaikan dengan persyaratan yang ditetapkan Kementerian Sosial, yang mencakup dua kategori yang penyalurannya melalui kantor pos," tambahnya

Kategori pertama, yakni lansia berusia 60 tahun ke atas, dalam keadaan sakit menahun dan hidupnya tidak bergantung pada bantuan orang lain, namun hanya mampu berbaring di tempat tidur (bridden), dan tidak mampu lagi melakukan aktifitas, meskipun memiliki sumber penghasilan tetap tapi dikategori miskin dan telantar.

Kategori kedua, yakni lansia berusia 70 tahun ke atas, dan tidak potensial, tidak memiliki sumber penghasilan tetap, miskin dan terlantar, terdata dan ditetapkan sebagai penerima program Aslut, jelas Edy seraya menambahkan lagi, "Penerima bantuan tersebut, mesti memiliki KTP, surat keterangan domisili atau kartu keluarga, dan surat keterangan miskin dari desa atau kelurahan setempat," terangnya

"Di Prabumulih ini cuma ada dua kecamatan yang mengusulkan dana bantuan Aslut ini yaitu, kecamatan Prabumulih Utara terdiri dari kelurahan Wonosari dan Anak Petai saja, kemudian kecamatan Cambai dari kelurahan Cambai dan Sungai Medang, dan masing-masing setiap kelurahan hanya diambil sepuluh orang saja," tandasnya. (dn)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu