Home » , » Pencaker di Prabumulih Meningkat

Pencaker di Prabumulih Meningkat

Written By Posmetro Prabu on 24/09/13 | 24.9.13

METER, PP - Jelang pengumunan Penerimaan CPNS di beberapa Kota/Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2013 ini, tampak Pencari Kerja (Pencaker) yang mengurus dan membuat Kartu AK-1 atau lebih dikenal Kartu Kuning, meningkat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Prabumulih Drs Alfian Herdi MSi, saat ditemui di Kantornya, Selasa (24/9).

"Peningkatan ini terkait adanya penerimaan CPNS di beberapa Kabupaten/Kota di Sumsel," jelas Alfian Herdi.

Sekitar 1400 orang lebih yang telah mengantongi AK-1 Disnaker Prabumulih. "Peningkatan ini bukan hanya untuk kelengkapan syarat pendaftaran penerimaan CPNS semata, tapi ada juga keperluan untuk sekolah dan mengurus pekerjaan. Per hari rata-rata ada sekita 40 s.d 50 orang yang mengurusi AK-1 atau Kartu Kuning," jelas Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Prabumulih Retno Kustiah, di ruangan yang sama. Retno Kustiah menyatakan bahwa masa berlaku kartu kuning atau AK-1 ini selama dua tahun dan per enam bulan sekali melakukan perpanjangan. "Namun biasanya, pencaker yang sudah mendapatkan pekerjaan, atau sudah diterima bekerja, tidak mau  melakukan perpanjangan dan mengembalikan AK-1 ke Disnaker Prabumulih, akibatnya kita tidak bisa memastikan berapa prosentase pencaker yang sudah mendapat pekerjaan, atau yang belum mendapatkan pekerjaan," tambah Retno Kustiah.

Sedangkan dari jumlah tamatan pendidikan yang membuat AK-1 ini yang terbanyak adalah tamatan SMA/SMK. "Yang paling banyak membuat AK-1 ini adalah tamatan SMA/SMK, disusul tamatan Diploma 3 dan Strata-1," ujar Retno Kustiah.

Alfian Herdi juga menyatakan tak memungut biaya apapun alias gratis untuk pembuatan AK-1 ini. "Tak ada biaya apapun. Gratis. Dan lama pembuatan AK-1 paling lama 10 menit, terutama syarat-syarat  seperti Fotokopi Ijazah dan copy transkrip nilai, KTP bersangkutan, dan pas foto yang diminta dipenuhi, tentu kurang dari lima menit," jelasnya. (pp/02)





Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu