Home » » Miris SDN 72 Prabumulih Hanya Punya 6 Guru PNS

Miris SDN 72 Prabumulih Hanya Punya 6 Guru PNS

Written By Posmetro Prabu on 23/09/13 | 23.9.13

PRABUMULIH, PP--Lantaran jaraknya jauh dari keramaian dan terpelosok, Sekolah Dasar Negeri 72 yang berada di Muara Sungai diketahui  masih kekurangan tenaga pendidik atau guru yang berstatus PNS. Mirisnya, kebanyakan para guru PNS itu enggan ditempatkan disana lantaran alasan keamanan.

Diketahui SDN 72 ternyata hanya memiliki guru PNS sebanyak enam orang. Keenam guru PNS tersebut merupakan putra-putri daerah setempat. Jumlah siswanya lumayan banyak yaitu sekitar 275 orang, dan setiap kelasnya terdapat dua rombongan belajar (rombel).

Menurut idealnya setiap kelas sebaiknya dipegang oleh wali kelas yang merupakan guru PNS, untuk bertanggung jawab dan mengkoordinir keberadaan siswa. Namun, yang terjadi di SDN 72 bertolak belakang.

Kepala Sekolah SDN 72, Hj Amawiyah SPdI, menjelaskan karena keterbatasan jumlah guru PNS terpaksa wali kelas di pegang guru TKS. Di SDN 72 ini, terang Amawiyah, hanya terdapat enam guru PNS saja, hal ini sangatlah tidak mencukupi.

"Guru PNS hanya ada 6 orang dari 19 guru yang ada dengan termasuk kepala sekolah. Jumlah ini tidakla cukup, namun kita berjalan dengan semampunya. Sementara guru TKS keberadaanya sangat membantu, mereka benar-benar mengaplikasikan ilmu mereka yang merupakan sarjana pendidikan," katanya, Senin (23/9).

Hj Amawiyah menambahkan, keadaan ini sudah diusulkan ke pihak Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, melalui Kabid pendidikan dasar. Namun sampai sekarang belum ada penambahan penempatan guru PNS.

"Mudah-mudahan kekurangan ini dapat dipenuhi karena sudah mendesak. Kita berharap pihak Disdik segera mencarikan solusinya agar proses belajar dapat lebih baik dan maju," pintanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, M Rasyid SAg didampingi Kabid Dikdas, Jabarti SPd, saat dikonfirmasi mengatakan sejauh ini pada dasarnya jumlah guru yang ada di Prabumulih ini mencukupi. Hanya saja yang jadi masalah ada penempatan yang tidak merata. Ada salah satu sekolah yang kelebihan dan ada juga sekolah yang kekurangan guru.

"Untuk melakukan pembenahan hal ini harus didukung oleh semua pihak, diantaranya adalah guru yang lebih banyak memilih untuk mengajar didalam kota, sedangkan sekolah yang kekurangan guru itu rata-rata yang jauh dari keramaian. Mudah-mudahan nanti kalau ada perubahan, guru yang sudah di SK kan dimana saja bisa menjalankan amanah ini," pungkasnya. (pp/02/nd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu