Home » , » LSM Himbau Warga Prabumulih Tolak Caleg Cabul

LSM Himbau Warga Prabumulih Tolak Caleg Cabul

Written By Posmetro Prabu on 18/09/13 | 18.9.13

PRABUMULIH, PP - Gabungan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) se Kota Prabumulih menghimbau seluruh warga Kota Prabumulih untuk menolak calon legislatif (Caleg) Cabul pada pemilihan umum (Pemilu) Legislatif 2014 mendatang. Hal ini menurut koordinator pergerakan aktivis LSM se Kota Prabumulih Sastra Amiadi kepada Posmetro Prabu mengatakan adalah untuk menghindari adanya korban pencabulan oleh Oknum Anggota Dewan pada masa yang akan datang.

Dikatakan, Tahun lalu (2012-red) salah seorang oknum Anggota DPRD Kota Prabumulih berinisial IG pernah diadukan ke aparat penegak hukum di Kota Prabumulih dengan dugaan kasus pencabulan. Namun hingga kini kasus tersebut masih simpang siur dan bahkan si oknum terlapor tersebut berhasil lolos dari daftar calon sementara (DCS) anggota Legislatif ke daftar calon anggota tetap (DCT) oleh komisi pemilihan umum (KPU) Kota Prabumulih untuk dipilih pada pemilu 2014 mendatang.

Hasil pengamatan LSM menurut Sastra, pihaknya menemukan kejanggalan pada pencalonan anggota legislatif tersebut. Dimana lanjutnya saat pihaknya mendatangi KPU Kota Prabumulih untuk mempertanyakan dokumen pencalonan IG, Komisioner KPU disana tidak bisa menunjukkan dasar hukum pencalonan yang dimaksud. Dasar hukum tersebut sesuai Peraturan KPU Tahun 2013 Tentang Pencalonan Anggota DPRD.

IG hingga sat ini disinyalir masih dalam proses hukum karna pihak KPU belum mengantongi kekuatan hukum tetap dari Pengadilan sebagaimana bahwa IG pernah diproses oleh Polres Karimun dengan dugaan kasus pencabulan pembantu rumah tangga (PRT) pada tahun 2011 lalu. Setidaknya KPU harus meminta bukti dari calon terbebas dari hukum berupa surat perintah pemberhentian penyidikan (SP3) dari Kepolisian. Saat itu, pihak KPU hanya menunjukkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) saja dari IG sebagai bagian dari syarat pencalonan,"  ujar Sastra.

Kuat dugaan pengaburan kasus tersebut disinyalir bahwa si oknum berlindung dibalik seragam dan Jabatannya sebagai anggota dewan. Bahkan soal kasus IG yang disinyalir masih dalam proses hukum, Aktivis kota Prabumulih ini juga mengaku telah mengkonfirmasi KPAI di Jakarta. Jika kasus ini telah di SP3 oleh Polres Prabumulih tentu ada surat pemberitahuan ke KPAI. Karna kasus tersebut sudah pernah diadukan ke sana (KPAI-red). Namun hingga sekarang KPAI dijakarta belum menerima salinan SP3 dari pihak berwenang di Kota Prabumulih, jelas Sastra.

"Ini bukan sekedar himbauan. Dalam waktu dekat kita akan menggelar aksi besar-besaran mengajak seluruh partisipan menyampaikan aspirasi untuk menolak caleg cabul duduk di kursi legislatif. Kita tidak ingin citra lembaga penyaluran aspirasi rakyat digedung yang terhormat itu diduduki oleh oknum berwatak kotor" ujar Sastra Amiadi.

Sementara itu, seputar permasalahan pencalonan IG ke Parlemen saat di konfirmasi portal ini ke KPU Kota Prabumulih Rabu (18/09) sekitar pukul 09.15 Wib, Komisioner KPU tidak satupun ditemui di kantor penyelenggara pemilu di dekat GOR Prabu Jaya tersebut. Salah seorang staf KPU mengatakan bahwa Komisioner KPU sedang mengikuti Sidang Paripurna di DPRD Kota Prabumulih dan sebahagian lagi mengahdiri acara Pelepasan jemaah calon haji (JCH) di Pendopoan Kediaman Dinas Walikota Prabumulih. (pp/01)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu