Home » , , » Jalan Berlubang, Pemkot Kemana?

Jalan Berlubang, Pemkot Kemana?

Written By Posmetro Prabu on 24/09/13 | 24.9.13

PRABUMULIH, PP - Jalan Bangau di kawasan Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, yang biasa dijadikan sebagai jalan alternatif oleh sebagian warga Prabumulih untuk hindari kemacetan, sejak beberapa bulan ini kondisi masih dibiarkan berlubang. Jika jalanan pusat kota saja dihiasi lubang, apalagi infrastruktur di ping­giran kota.

Dari pantauan di jalan Bangau itu, tampak lubang menganga se­da­lam setengah meter dengan diameter sekitar 50 centimeter. Meski begitu, belum ada upaya instansi ter­kait menambal jalan ber­lubang itu.


Penyebab jalan berlubang itu tak ada yang tahu pasti. Namun, warga sekitar menduga lubang ini terjadi karena ada rengkahan di dalam tanah yang tepat pada selokan (Parit-red). Ka­rena sering hujan, tanahnya amblas.


Kondisi seperti ini mengancam ke­se­lamatan pengendara, me­ngi­ngat mobilitas kendaraan di kawasan itu termasuk padat. “Malam-malam motor sering terperosok ke lubang itu. Untung saja belum ada korban jiwa,” terang Andre, warga yang sering melintasi jalan tersebut. 


Dadang,(35) warga sekitar mengatakan, beberapa hari lalu ada pengendara motor terjatuh ka­rena terperosok ke lubang. “Waktu malam mas, se­ring pengendara jatuh di jalan ini, apalagi di sini tidak ada penerangan,” ujarnya.


Hal senada disebutkan, Ujang, (45) warga sekitar, pernah gerobak mie jatuh saat melintasi jalan ter­se­but. “Padahal, banyak pejabat dan orang penting di daerah ini yang lewat sini, tapi kok tutup mata melihat kondisi itu,” tandasnya.


Ketua RT 001 RW 002 Kelurahan Tugu Kecil, Alexander,(38) mengaku telah meminta aparat ke­lu­rahan menyampaikan kondisi jalan itu ke Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih, tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya.

“Kerusakan jalan dipicu tingginya curah hujan, ditam­bah drainase di ka­wa­san tersebut buntu (tersumbat-red). Lubang itu juga pas di atas gorong-gorong selokan, mungkin saja akibat seringnya hujan, gorong-gorong selokan itu sudah tidak kuat lagi untuk menahan tekanan jalan yang sering dilewati kendaraan,” ungkapnya. Selasa (24/9/2013)


Sementara, Lurah Tugu Kecil, Tiara Adi Pradana SIp, ketika wartawan mencoba datang ke kantornya untuk konfirmasi sedang tidak ada ditempat. Namun informasi yang didapat dari beberapa pegawai yang saat itu ada dikantor Lurah tersebut, mengatakan, pihak Kelurahan sudah berkoordinasi dengan pihak PNPM Mandiri untuk menindak lanjuti ke pihak Pemkot Prabumulih.


“Iya lubang di jalan itu sudah lama, kita dan pihak PNPM sudah koordinasi dan sudah dilaporkan ke Pemkot Prabumulih, saat ini, kita juga menunggu tindak lanjut dari pihak Pemkot,” celoteh salah seorang pegawai itu yang tak mau disebut namanya.


Tak jarang, jalan berlubang itu sering dibiarkan ber­ming­gu-minggu, berbulan-bulan hi­ngga bertahun-tahun tak juga ditambal. Kondisi itu sering dite­mui di daerah pinggiran kota, sehingga terkadang ditanami warga dengan pohon pisang.


Di sisi lain, inisiatif warga sekitar menambal jalan berlubang tersebut juga kurang. Masya­rakat cuek, Pemkot masa bo­doh. 


Terpisah, Kepala Dinas PU Kota Prabumulih, Ir M Ardi Supratman, ketika dikonfirmasi, Selasa (24/9) mengatakan bahwa pihaknya akan segera meninjau lokasi tersebut untuk segera memperbaikinya.


"Kami akan segera meninjau ke lapangan untuk mengetahui jalan rusak yang menjadi keluhan warga," kata Ardi saat usai acara Paripurna di Kantor DPRD Prabumulih tadi. (pp/04)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu