Home » , » Gapensi Prabumulih Tuding Paket Proyek Tidak Melalui Mekanisme Tender

Gapensi Prabumulih Tuding Paket Proyek Tidak Melalui Mekanisme Tender

Written By Posmetro Prabu on 23/09/13 | 23.9.13

PRABUMULIH, PP - Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) Kota Prabumulih menuding jika proyek yang ada Dinas PU Kota Prabumulih selama ini tidak pernah melalui mekanisme Tender. Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Gapensi Kota Prabumulih Mgs M Fahri saat menerima keluhan sejumlah rekanan kontraktor yang tergabung di dalam Gapensi.

"Berdasarkan laporan yang kita terima dari pihak rekanan, bahwa sejauh ini, proyek yang ada di PU Kota Prabumulih tidak pernah melalui proses Tender," ungkap Mgs M. Fahri kepada posmetroprabu.com, Senin (23/09). Fahri juga menegaskan, bahwa pihaknya akan segera mengadukan hal ini kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tindakan yang lebih mengarah pada praktik-praktik KKN.

Selain itu pula, sebagaimana temuan Gapensi Prabumulih, bahwa selama perealisasian proyek, pihak Dinas PU Kota Prabumuih  dianggap tidak transparan. "Tak satu pun perealisasian atau pelaksanaan proyek yang diumumkan sesuai dengan ketentuan. Dan hal ini sangat bertentangan dengan Keppres," ujar Fahri.

Fahri juga prihatin dan  menilai bahwa tata kelola birokrasi Pemkot Prabumulih saat ini mengalami poor management (amburadul). Hal tersebut terlihat dari tidak jalannya perencanaan pembangunan tahun 2013 yang sudah dicanangkan sebelumnya. Dimana banyak program pembangunan sampai saat ini mangkrak lantaran birokrasinya amburadul, bobrok dan korup.

Sistem yang jalan hingga sekarang menunjukkan bahwa hampir seluruh proyek yang ditenderkan dimenangkan oleh oknum pengusaha yang memiliki kedekatan khusus dengan walikota, padahal kontraktor kecil sudah memberikan uang muka ke panitia.

“Kita yang dari perusahaan jelas namun tidak pernah dapat pekerjaan,” kata Sekertaris Gapensi Kota Prabumulih, M Fachri, Senin (23/9). Hal ini diakibatkan karna Pemerintah cenderung lebih memercayakan pekerjaan kepada tim sukses ketimbang Dinas, alias proyek Balas Budi.

"Lihat saja Sekarang sudah masuk bulan September, tetapi sampai saat ini pelaksanaan pembangunan fisik, seperti pembangunan jalan belum juga berlangsung. Kondisi seperti ini, adalah bukti bahwa perencanaan pembangunan di Kota Prabumulih dibawah kepemimpinan Ridho Yahya tidak berjalan sebagimana mestinya.” tandasnya. (pp/01)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu