Home » , » Desa Karangan Kebanjiran

Desa Karangan Kebanjiran

Written By Posmetro Prabu on 29/09/13 | 29.9.13

KARANGAN, PP -- Akibat hujan deras yang mengguyur kota Prabumulih hampir 6 jam, Minggu (29/9) dinihari tadi, menyebabkan sebagian warga Desa Karangan Kecamatan RKT Prabumulih kebanjiran. Air yang membanjiri ini sudah sebatas dada orang dewasa, dan menimbulkan keresahan warga, karena tidak sempat menyelematkan barang-barang di dalam rumah.

Ada sebanyak 44 KK di Dusun I, II dan III Desa Karangan, yang kebanjiran. Ternyata hal ini disebabkan oleh pekerjaan rel ganda PT KAI yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya yang menjadi kontraktor pekerjaan.

Kades Karangan Asri Saiman pun menyatakan kejadian banjir ini tak pernah dialaminya seumur hidupnya. "Kami ni kan lahir dan besak di Dusun Karangan ni, belom pernah kejadian banjir seumur hidup ini," ujar Asri Saiman saat ditemui dikediamannya, Minggu (29/9). Pernyataan Asri ini juga diamini oleh Kadus II Desa Karangan dan warga yang kebetulan berada di kediaman Kades.Namun warga juga merasa bersyukur karena tidak ada korban jiwa

Asri sendiri mendapat kabar dari warga dusun II Desa Karangan yang memberitahu bahwa rumah mereka kebanjiran. Asri pun memanggil perangkat desa dan melakukan pertemuan untuk menanggulangi masalah ini. "Kami pun berkoordinasi dengan Pak Camat RKT lama via Telephone dan beliau bantu berkoordinasi dengan pihak Waskita Karya menyangkut masalah ini," lanjut Asri.

Dari informasi sementara yang didapat dilapangan, ada 44 KK yang terkena musibah banjir, kemudian ada Kolam Ikan warga yang ikut meluap karena banjir dan sumur air minum warga juga yang tidak higeinis lagi. "Saat ini kita masih mendata beberapa banyak kerugian yang dialami warga akibat banjir, rusaknya alat-alat rumah tanggga dan kerugian akibat kolam ikannya ikut meluap karena banjir," ujar Asri.

Rupanya, informasi banjirnya rumah warga di Karangan, mendapat respon dari pihak Waskita Karya. Via telephone, perwakilan Waskita Karya menghubungi Kades Karangan dan memberikan empati. "Pihak Waskita bilang, apa yang bisa mereka lakukan, akhirnya kami sampaikan bahwa warga tidak bisa melakukan aktifitas masak dan akhirnya mereka sanggupi untuk mengirim nasi bungkus sebanyak 250 bungkus untuk dibagikan kepada warga yang terkena musibah," jelas Asri panjang lebar. Masyarakat pun menerima nasi bungkus bantuan Waskita Karya pada pukul 14.00 WIB yang langsung dibagikan kepada warga oleh pihak BPD dan Kadus setempat.

Warga yang terkena dampak musibah banjir ini pun banyak yang bertandang ke rumah Kades. Salah satunya adalah Amri Hadi warga Dusun III Desa Karangan, melalui Bambang sang anak, ia bertanya bagaimana nasib kolam ikannya yang ikut terkena musibah banjir ini. "Kami punya kolam ikan yang diisi ikan patin, yang siap panen, sebanyak kurang lebih 6000 ekor, namun karena ikut hanyut terbawa banjir, kami pun minta saran dengan pak Kades," ujar Bambang. Asri pun menyatakan akan menginventaris warga yang terkena musibah banjir ini, baik kerugian rumahnya yang terkena banjir, warga yang mempunyai usaha kolam ikan dan kerugian material lainnya. "Akan kita urus secepatnya dan akan kita ajukan ke pihak Waskita Karya, mudah-mudahan mereka dapat membantu warga yang terkena musibah ini, karena terjadinya banjir ini akibat pekerjaan yang dilakukan oleh mereka," terang Asri. Sementara ini, belum bisa ditaksir kerugian yang terjadi akibat banjir ini. (bmg)
















Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu