Home » » Bangunan SDN 77 Mirip Kandang Hewan Ternak

Bangunan SDN 77 Mirip Kandang Hewan Ternak

Written By Posmetro Prabu on 29/09/13 | 29.9.13

PRABUMULIH,PP---Bangunan Sekolah Dasar Negeri 77 di Kelurahan Payu Putat kondisinya sungguh mengkhawatirkan. Selain kotor dan usang, beberapa lantai dan dinding sekolah banyak bolong karena termakan usia. Menyedihkan  lagi, bangunan sekolah tersebut, mirip seperti kandang hewan ternak/alias tidak layak.

Meskipun apa yang terjadi di SD Negeri 77 memang menyayat hati, tapi antusias siswanya untuk menimba ilmu pendidikan sangat besar.  Mereka (siswa, --red) tetap belajar dengan giat walau kondisi sekolahnya sudah tidak layak.


Berkaca dari bangunan SD Negeri 77, seolah berbanding terbalik dengan kondisi dimana saat ini dana yang dialokasikan untuk pendidikan sangat besar. Mulai bantuan dalam bentuk dana DAK, Bansos hingga program sekolah gratis.


Menurut Kepala SDN 77 Herlina SPd, menjelaskan kalau kondisi bangunan SDN 77 sudah sangat mengkhawatirkan. Beberapa lantai dan dinding yang terbuat dari papan banyak rusak dan patah. Begitu pula atap dan plafon sekolah sudah uzur di makan usia. Bahkan kondisi bangunan sekolah terlihat kotor dan kumuh.


"Ya kita prihatin dengan kondisi tersebut, tapi apa mau dikata beginila adanya. Pihak dinas sudah tau, tapi belum bisa memberikan perbaikan karena dana memperbaikinya besar. Bahkan kita juga sudah dua kali mengajukan proposal dan permohonan untuk dilakukan rehab, sayangnya belum ada tanggapan. Pemerintah seolah tutup mata dan tak merespon hal itu," katanya, ketika dikonfirmasi akhir pekan kemarin.


Walau bangunan sekolah kurang layak, kata Herlina, dirinya bersama guru-guru lainya tetap semangat untuk memberikan ilmu pengetahuan bagi para siswanya. "Para siswanya sangat antusias dalam belajar tanpa memperdulikan bahaya yang mengintai mereka setiap saat," ujarnya.


Sementara itu Lurah Payu Putat, Edi Suanto, ketika dikonfirmasi mengatakan cukup prihatin dengan kondisi bangunan sekolah yang ada di wilayahnya. Bahkan, dirinya telah mendapatkan keluhan dari para orang tua siswa dimana anaknya menimba ilmu di SDN 77 tersebut.


"Sangat disayangkan dunia pendidikan yang maju ternyata tidak ditunjang infrastruktur yang baik. Keluhan warga nantinya akan saya laporkan kepada pihak yang terkait. Mestinya mereka belajar dengan tenang, agar menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara. Bangunan sekolah itu harus diperbaiki karena memang sudah layak, jangan baru terjadi hal yang tak diinginkan menimpa para siswa baru di perbaiki," tegasnya, Minggu (29/9).


Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, M Rasyid SAg, ketika dikonfirmasi, Minggu (29/9) sore mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap SDN 77 tersebut. Bahkan masalah ini akan kita laporkan ke Pemkot Prabumulih, supaya cepat diajukan untuk dilakukan perbaikan menggunakan dana APBD.


"Akan kita tindaklanjuti masalah SDN 77 ini, supaya cepat dilakukan perbaikan. Tapi untuk sementara bersabar dahulu. Kita juga mengerti keluhan orang tua murid, para guru dan siswa serta warga Payu Putat lainnya," pungkasnya. (pp/02/nd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu