Metro Update :

Pertamina Sukses Turunkan Emisi GRK

30 Mei 2013


PRABUMULIH, PP - PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih pada tahun 2012 lalu mengklaim berhasil sukses menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) hingga 401.748.836,62 CO2eq ton/ tahun. Hal itu berbanding terbalik dengan pemerintah kota Prabumulih, yang saat ini berencana untuk menurunkan emisi GRK.

"Sejak tahun 2012 lalu, beberapa upaya Pertamina Asset 2 Prabumulih untuk menurunkan emisi GRK. Penurunan tersebut mencapai 401.748.836,62 CO2eq," ujar Setiawan yang merupakan HSSE Pertamina Asset 2 Prabumulih, Kamis (30/5).

Dikatakan dia, beberapa usaha yang dilakukan itu menurutnya, adalah menjalankan program pengurangan pencemaran udara yakni reduksi gas flare retrofit freon dengan musicool, shuttle bus.

"Kita juga melakukan penurunan penggunaan energy listrik dan BBm. 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Recovery) limbah B3 dan limbah padat non-B3, serta pengujian emisi kendaraan," ujarnya seraya menambahkan pihaknya setelah itu akan melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja.

Sementara itu, Pemerintah kota (Pemko) Prabumulih dalam penurunan emisi GRK, akan diselenggarakan oleh Dinas Pertambangan Energy dan Lingkungan hidup (DPELH). Kabid Pengendalian Pencemaran dan Pengerusakan Lingkungan DPELH, Ir H Handenli Ugihan Msi menjelaskan, GRK merupakan gas-gas yang berada di atmoasfer.

"Gas-gas seperti uap air, karbon dioksida, metana, Nitrogen Oksida maupun gas lainya. Itula yang menyebabkan efek rumah kaca, dimana gas itu muncul secara alami maupun timbul akibat aktivitas manusia," katanya.

Untuk itulah, kata Handenli, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta melakukan penanganan efek GRK. Diantaranya, dengan cara memelihara pohon-pohon. "Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karbon dioksida di udara adalah dengan memelihara pohon," pungkasnya. (dn)
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritikan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan pemberitaan media ini kedepannya. Silahkan berikan komentar anda pada kolom dibawah seputar pemberitaan diatas. Salam Posmetro Prabu

 

© Copyright Posmetro Prabu 2010 -2011 | Design by Jun Manurung