Home » , » Payu Putat Gelar Pemilihan Ketua RT dan RW Serempak

Payu Putat Gelar Pemilihan Ketua RT dan RW Serempak

Written By Posmetro Prabu on 21/05/13 | 21.5.13

PAYUPUTAT, PP--Sebagai perangkat pemerintahan di tingkat bawah, ternyata peran dan kinerja Ketua RW dan RT sangat diperlukan. Apalagi peranan para ketua RT dan Ketua RW bukan hanya sebagai bagian dari perangkat pemerintahan, namun juga sebagai pengayom dan sebagai teladan.

Seperti yang dilakukan di Kelurahan Payuputat Kecamatan Prabumulih Barat, yang melakukan pemilihan langsung ketua RW dan ketua RT secara serempak, Selasa (21/5). Warga payuputat yang mempunyai hak pilih, berdatangan menuju ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak pilihnya. Sekita 3.066 mata pilih, menyalurkan hak suaranya untuk memilih ketua RT dan Rw.

Prana Desta SIP, Lurah Payuputat saat ditemui di salah satu TPS di Kelurahan Payuputat, menyatakan sangat bangga dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih. "Alhamdulilah, ini sangat membanggakan dan membuktikan bahwa masyarakat sudah sangat mampu berdemokrasi dan berpolitik dengan baik," jelas Prana Desta.

Hal ini terlihat dari betapa kompaknya masyarakat dan juga para calon ketua RT dan RW yang saling mendukung satu sama lain dan tidak ada terlihat saling mengintimidasi satu sama lain. Tentu saja ini sangat membanggakan.

Prana Desta juga menjelaskan bahwa di Kelurahan Payuputat sendiri terdapat 10 RW dan 31 RT. "Kandidat Ketua RT sebanyak 69 orang dan kandidat Ketua RW sebanyak 26 orang,"tambah Prana Desta.

Ketika ditanyai mengenai panitia pemilihan dan para ketua KPPS masing-masing TPS yang ada, ternyata dibentuk dengan musyawarah mufakat dan masyarakat dengan sadar dan rela mengurus perhelatan ini.

"Tiap-tiap kandidat dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 per orang, dari uang yang terkumpul inilah, diatur mengenai honor para petugas KPPS, pemasangan tenda Untuk TPS  dan pencetakan surat suara serta kegiatan operasional lainnya," ungkaP Prana Desta. Sedangkan untuk honor saksi, semua ditanggung oleh masing-masing kandidat.

Ia juga mengharapkan dalam pelaksanaan pemilihan langsung dan serempak ini, terdapat semangat gotong royong yang kuat, saling menghargai satu sama lain. "Yang terpenting, kita bisa mengenal tingkat partisipasi masyarakat sangat besar, terbukti mereka peduli untuk memilih para kandidat, agar dapat menjalankan amanah dengan baik dan benar. (bmg)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu