News Update :

Raskin Kelurahan Patih Galung ditalangi Ketua RT

21 Mar 2013

PATIH GALUNG, PM - Pemberian dan pembagian beras miskin atau Raskin, rupanya menjadi beban bagi aparat Ketua RT. Bagaimana tidak, ternyata para ketua RT terutama di Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat, harus menalangi uang terlebih dahulu, agar dapat memperoleh beras raskin oleh Dolog Sumsel. Hal ini terungkap saat Koran ini menemui Lurah Patih Galung, Andi Afrizal. 

“Ini menjadi kesepakatan antara RT dan warga, saat mendapat jatah beras raskin, sedangkan aturan dari Bulog sendiri, harus sedia cash and carry, atau siapkan uang terlebih dahulu, baru beras raskin dapat dikirim,” ujar Andi Afrizal. Hal ini menjadi dilema bagi fihak kelurahan sendiri, karena kalau jatah beras raskin tidak diambil dari Bulog, warga pasti bertanya, kenapa tidak mendapat jatah raskin.”Padahal ketentuan Bulog, harus siapkan dana dulu, baru beras raskin dikirim, padahal kita tidak punya dana untuk menutupinya,” keluh Andi Afrizal.

Namun untungnya, ia bersama para Ketua RT melakukan pendekatan dengan warga. Dan para Ketua RT menyanggupi untuk menalangi dana beras raskin ini. Jumlah RTS sendiri di Kelurahan Patih Galung saat ini menurun dari tahun sebelumnya, yaitu tahun 2012 lalu RTS berjumlah 503 dan tahun 2013 ini menjadi 443 RTS. “Namun, saya bersama ketua RT berusaha betul agar beras raskin ini tepat sasaran, dan ini juga dilakukan oleh Ketua RT, karena mereka lebih tahu dengan warganya dan kita tinggal membantu saja para Ketua RT menjalankan tugas membagikan beras raskin,” sambung Andi.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua RT 2 RW 4 Kelurahan Patih Galung, A Murod saat ditanya mengenai tata cara pembagian raskin yang harus cash and carry, membenarkan penjelasan Lurah Andi Afrizal. “Kami ni jadi ikut beban nalangi duit raskin ni, kalu dak diambek (raskin), kagek warga betanyo, ngapo dak diambek. Jadi jalan tengah hasil musyawarah warga, kami selaku RT nalangi dulu duetnyo,” jelas A Murod. Sedangkan warga belum mau member uang, kalau beras raskin belum berada di tangan RT masing-masing. 

“Kareno tanggungjawab dari warga, mako kami usahake untuk nalangi dulu duet pembelian raskin ni,” sambung A Murod. Sedangkan ditanya tentang program rencana pembangunan tahun 2013 di Kelurahan Patih Galung Andi Afrizal menjelaskan akan memprioritaskn pembuatan MCK di Jalan Melati serta pembuatan jalan di Penimur Jaya yang masih berupa jalan tanah “Mudah-mudahan dapat terealisasi dan dimanfaatkan oleh warga Patih Galung,”tutup Andi Afrizal.(bmg)
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritikan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan pemberitaan media ini kedepannya. Silahkan berikan komentar anda pada kolom dibawah seputar pemberitaan diatas. Salam Posmetro Prabu

 

© Copyright Posmetro Prabu 2010 -2011 | Design by Jun Manurung